Saturday, June 30, 2012

my All Time favorite movie

"someone you pass on the street may already be the love of your life"
Judul Film You've Got Mail


Tahun : 1998


Pemain : Tom Hanks, Meg Ryan


Original Soundtrack :
Harry Nilson "The Puppy Song ; "Remember" ; "Over The Rainbow ;
Roy Orbinson "Dream"
Carole King "Anyone At All"
Setting : New York City







Kathleen Kelly (Meg Ryan) adalah pemilik toko buku anak-anak "The Shop Around The Corner" peninggalan ibunya, tinggal dengan kekasihnya Frank Navasky (Greg Kinnear). Tanpa diketahui kekasihnya, Kathleen saling berkirim email dengan seseorang bernama "NY152"

Joe Fox (Tom Hanks) adalah pengusaha muda, pemilik Fox Books, toko buku besar, bisa dibilang megabookstore dan akan membuka salah satu cabang di dekat toko Kathleen.
Joe juga tinggal bersama kekasihnya Patricia Eden (Parker Posey) tetapi diam-diam juga saling berkirim email dengan "shopgirl".

Shopgirl dan NY152 menikmati hubungan mereka via email. Dari awal mereka tidak menanyakan nama asli masing-masing.


Dengan akan dibukanya Fox Books di wilayah toko The Shop Around The Corner tentu saja membuat Kathleen khawatir akan nasib tokonya. Beberapa toko buku di wilayah yang sama sudah banyak yang tutup.

Suatu saat Joe Fox mengajak Annabell, meski secara silsilah keluarga, Annabell adalah tantenya, tetapi Annabel masih berusia 11 tahun serta Matthew, adiknya yang masih berumur 4 tahun mampir ke toko Kathleen untuk menikmati "story telling" yang selalu ada di The Shop Around The Corner.
Kathleen pun sempat ngobrol dengan Joe, apakah dia akan kembali ke tokonya meski ada Fox Books. Kathleen tidak mengetahui bahwa Joe adalah pemilik Fox Books.



Di lain kesempatan, Kathleen dan Frank menghadiri sebuah undangan dan ternyata bertemu dengan Joe dan Patricia. Kathleen menyapa Joe dan menyempatkan mengobrol. Lalu dia mendapat info bahwa Joe adalah Joe Fox, pemilik Fox Books yang kemungkinan akan membuat toko buku Kathleen harus ditutup.




Karena mereka tinggal di kawasan yang sama, di upper west side tak jarang mereka sering bertemu, di Starbucks, di jalan menuju kantor, atau di supermarket, tetapi Kathleen selalu menghindar. 

Tetapi shopgirl dan NY152 tetap berhubungan, bahkan janjian untuk kopdar :D
Shopgirl sudah menunggu NY152 di sebuah cafe, dengan buku Pride and Prejudice dan setangkai mawar sebagai tanda tetapi NY152 tidak pernah datang untuk memperkenalkan diri.
Yang datang justru Joe Fox yang sudah dikenalnya.


Shopgirl tidak tahu bahwa NY152 sudah datang dan melihat dari luar dan mengetahui bahwa shopgirl adalah Kathleen Kelly. NY152 pun menemuinya tetapi tidak memperkenalkan diri sebagai NY152 karena yang muncul  adalah sosok Joe Fox.

Sejak pertemuan di cafe dan mengetahui bahwa shopgirl adalah Kathleen Kelly, Joe Fox ingin berteman dengannya. Sementara Kathleen menganggap Joe adalah musuhnya di dunia bisnis.
Joe nekat mengunjungi Kathleen di apartemennya, kebetulan Kathleen sedang sakit. Dari sini, Joe mengetahui bahwa Kathleen sudah tidak berhubungan dengan Frank. Joe pun sudah tidak bersama dengan Patricia.


Sejak itu merekapun berteman baik, bahkan sering menghabiskan waktu bersama.
Shopgirl dan NY152 juga tetap berhubungan dan akhirnya memutuskan untuk ketemuan lagi.
Shopgirl alias Kathleen Kelly sudah menunggu NY152, sempat khawatir NY152 tidak datang lagi, akhirnya dia mendengar suara anjing, dan seseorang yang memanggil "brinkley", anjing yang pernah diceritakan oleh NY152 di salah satu emailnya. Akhirnya bertemulah Kathleen Kelly dengan NY152 yang ternyata sudah dikenalnya, Joe Fox. 
"i want it to be you...i want it to be you so badly" - Kathleen Kelly

***                                                               

Entah sudah berapa kali saya nonton film ini. VCDnya aja sampe gak jelas gambarnya, putus-putus. Beberapa bulan lalu akhirnya nemu link downloadnya, heheheheh.

Cerita ini diadaptasi dari sebuah pertunjukan teater berjudul Parfumerie dan pernah difilmkan juga pada tahun 1940 dengan judul The Shop Around the Corner.

Wikipedia menulis "The film is about two employees at a gift shop in Budapest who can barely stand each another, not realizing they're falling in love as anonymous correspondents through their letters" 
Cerita yang mirip, hanya saja "You've Got Mail" dibuat mengikuti trend waktu itu yaitu internet dan email.




Film ini juga bisa dibilang mengadaptasi dari novel klasik Jane Austen, Pride and Prejudice ; karakter Kathleen mirip dengan Miss Elizabeth Bennet, sedangkan Joe Fox adalah Mr. Fitzwilliam Darcy. 
Diceritakan juga bahwa buku Pride and Prejudice adalah buku favorite Kathleen.

Ceritanya ringan disertai dengan kejadian lucu menjadikan film ini tidak membosankan. Kathleen dan Joe yang sukses diperankan oleh Meg Ryan dan Tom Hanks mengulang duet mereka di Sleepless in Seattle dengan penulis naskah dan sutradara yang sama, Nora Ephrone. Nora Ephrone memang sudah dikenal sebagai penulis naskah film-film komedi romantis, selain dua film yang sudah disebut, "When Harry Met Sally" serta "Julie & Julia yang belum sempat saya tonton.

Film ini juga banyak menghadirkan lagu-lagu lama yang everlasting seperti Remember, Dream, Over The Rainbow dan Anyone At All.

Bagi yang gemar film-film komedi romantis pasti sudah menonton film ini, bahkan mungkin juga sudah berulang kali seperti saya.

Bagi yang belum pernah nonton....cobalah sesekali nonton film ini :D




Nilai plus yang bisa diambil :

  • Jangan menilai seseorang dari luarnya saja
  • Jangan berprasangka terhadap orang lain
  • Jodoh bisa darimana saja datangnya, bahkan seseorang yang awalnya kita benci
  • Meski marah/ tidak suka terhadap seseorang, janganlah berkata yang buruk, karena kaupun akan menyesal, sementara orang tersebut sudah mendengar kata-kata yang menyakitkan


2 comments:

  1. #jleb banget, uhuks.. "Jodoh bisa darimana saja datangnya, bahkan seseorang yang awalnya kita benci"

    ReplyDelete

what do you think?