Thursday, July 12, 2012

my mum is everything

Pesan mama yang paling penting, sholat 5 waktu, istri sebaiknya tetep bekerja, gak bergantung dengan suami, dan gak mau repot-repot ngurus cucu di masa tuanya. Pesan yang ke 3 agak aneh ya? Kalau dipikir-pikir masuk akal lah, pasti repot dan capek kalau harus mengurus cucu, sementara ibunya bekerja. Mama harus gendong, nyuapin / ngasi susu dan lain-lain, bayangkan capeknya, jadi maksudnya, ada mbak PRT atau babysitter, mama mengawasi saja. Pesan yang ke 3 ini sepertinya keturutan, karena kebetulan adik saya sudah tidak tinggal bersama mama, sementara saya yang masih tinggal bareng, sampai sekarang belum hamil juga.

Pesan yang pertama adalah pesan wajib seorang ibu pada anaknya yang terkadang masih dilalaikan oleh anaknya ini.

Pesan yang kedua ini mungkin karena mama sendiri bekerja sebelum menikah sampai masa pensiunnya beberapa tahun yang lalu. Bukan suatu masalah buat saya karena saya juga sudah bekerja sejak 12 tahun yang lalu tapi ada keinginan kalau suatu saat saya memiliki anak, saya ingin bekerja di rumah sambil menjaga anak saya....insya Allah..

Dari dulu, saya dan adik saya cukup dekat dengan mama. Meski mama bekerja, kami berdua tidak pernah kekurangan kasih sayang bahkan sampai menjadi anak yang terlalu nakal. Mama tidak memanjakan dengan menuruti semua keinginan kami tetapi mendidik bagaimana kami mendapatkan apa yang kami inginkan.

Mama cukup humoris bahkan kadang konyol. Rasa ingin taunya juga cukup tinggi (mungkin ini yang bikin saya memiliki sifat yang sama....sama-sama kepo...hihihi). Ramah pada semua orang, bahkan kadang SKSD juga.

Di masa pensiunnya, saya merasa saya dan mama semakin dekat, semakin akrab. 
Alhamdulillah mama juga sangat menikmati masa-masa pensiunnya (dulu sempat kepikiran kalau mama gak bisa menikmati masa pensiun karena udah lama bekerja). 
Masih bersosialisasi bersama teman-teman sesama pensiunan, bahkan kadang pergi jalan-jalan ke luar kota, seperti baru-baru ini, wisata ke Bali. 
Makin akrab dengan ibu-ibu tetangga, sering ngobrol bahkan tukeran masakan dll.

Sudah banyak juga cobaan yang harus dihadapi mama tetapi mama tetap tegar.
Semoga saya bisa mencontoh ketegaran dan kesabaran mama selama ini
Semoga saya makin bisa menjaga perasaan mama
Semoga saya bisa membahagiakan mama

1 comment:

what do you think?