Saturday, June 02, 2012

Book Review : 5 cm

Penulis : Donny Dhirgantoro



Buku ini bercerita tentang 5 anak muda, Arial, Genta, Ian, Zafran dan Riani yang sering menghabiskan waktu bersama. Akhirnya salah satu dari mereka mengusulkan untuk berpisah sementara selama 3 bulan, tidak saling kontak bahkan melalui sms. 

Bertemu 3 bulan berikutnya di stasiun senen untuk melakukan perjalanan fantastis ke Mahameru, puncak gunung Semeru.
Dalam perjalanan ini mereka menemukan arti hidup yang sebenarnya. 

Di buku ini banyak ditemukan quote dari tokoh-tokoh dunia, disertai gaya bahasa yang ringan dan remaja sekali dan dihiasi lirik-lirik lagu.
Perjalanan ke Mahameru pun digambarkan dengan detail sehingga pembaca yang belum pernah ke sana seperti  saya bisa membayangkan dengan jelas. 
Nasionalisme ditunjukkan juga di buku ini dengan menceritakan upacara bendera setiap tanggal 17 agustus yang dilakukan setiap tahun di Mahameru. 

Buku ini mengajarkan untuk tidak pernah berhenti bermimpi dan mengejar cita-cita.

"Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh di sini, di depan kening kamu...jangan menempel. Biarkan...Dia...Menggantung....Mengambang....5 centimeter...di depan kening kamu....Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. Apapun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan kamu itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat."



2 comments:

  1. sepertinya bagus ya mbaa..palagi pasti dalemnya tentang mahameru yaa, tanjakan cinta, edelweisss hiyaaa..btw dapet bukunya dr keinginan ndiri ato dapat review dr teman mba ryn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus rik...nanya2 temen juga. iya, digambarkan detail perjalanan dr jkt sampai puncak mahameru.

      Delete

what do you think?