Friday, May 25, 2012

Food : loved - hated - never tasted

*judulnya kayak taglinenya MU - loved - hated - never ignored
Topik #ngeblogramerame yang paling saya tunggu-tunggu...hehehehe...
Makanan tentu saja adalah kebutuhan pokok, dari makananlah, tubuh kita mendapat tenaga dan nutrisi.
Kalau ngomongin makanan, pasti dong semua punya makanan favorite dan yang kurang disuka.
Well...semua masakan mama adalah termasuk makanan favorite. Mama saya kerja sejak saya kecil, otomatis jarang sekali masak. Di masa pensiun pun mama tidak masak tiap hari. Bukan berarti masakan mama gak enak lho...sekalinya masak, rasanya top abis. Masak apa aja maknyus karena prinsip mama dalam memasak itu gak pelit bumbu. Masakan mama yang paling top, nasi goreng pedes, krengsengan daging sapi, daging ungkep, oseng pare udang, ayam goreng, sup, semur daging tahu terong, sambel goreng kentang telor puyuh, sambel goreng cecek tahu tempe, balado 3T (tahu terong telor)....apalagi ya yang belum disebutin.....

Kalau jajanan, kita mulai dari roti. Saya penikmat roti terutama roti tawar. Mungkin karena sejak kecil saya suka ya. Roti tawar yang paling saya suka ya rotinya "Roti In", gak perlu dioles mentega dan meses udah enak rasanya. 
Donat juga salah satu jajan favorit, mulai donat yang murah meriah sampai donat bermerek udah dicicipi. Donat paling enak yang pernah saya makan adalah donat buatan ibu mertua.....*jadi pengen....

sengaja dipilih gambar donat yang belum ada di surabaya

Untuk jajanan yang lebih berat, pizza & pasta juga suka, sudah cocok dengan rasa pizza & pastanya pizza hut (karena di surabaya gak ada kedai pizza yang lain). Untuk pizzanya lebih suka yang rasa klasik seperti super supreme, meat lover, american favorite dan tuna melt, untuk rasa lain, males mo nyobain, takut gak enak, kan sayang duitnya...hehehhee. Untuk pasta, paling suka yang mushroom creamy fettuccine.


Suka juga makan mie, mie goreng, mie jawa kuah, mie ayam, mie pangsit, mie bakso, mie jamur serta kwetiaw. Meski suka mie, tempat makan mie favorite malah gak ada, paling-paling di sekitar rumah aja.

Nasi pecel adalah menu wajib untuk sarapan terutama hari sabtu dan minggu. Paling suka dengan nasi pecel dekat bambu runcing, tapi berhubung jauh dari rumah, cukup puas dengan nasi pecel yang ada di depan kompleks. Kamis kemaren sempat beli nasi pecel dekat the square petra, enak juga. 
Nasi pecel juga cocok untuk makan malam, nasi pecel tumpang di daerah kendangsari adalah kesukaan suami. Di pasar pucang, banyak sekali yang jual nasi pecel dan rawon mulai jam 9 malam, jadi tempat tongkrongan juga, salah satu tempat makan favorit untuk genk indomanutd surabaya. Bahkan mama dan papa suka juga kalau diajak ke sana.



Dulu gak mau kalau disuruh nyobain nasi bebek. Setelah nyobain, jatuh cinta deh. Di surabaya banyak sekali nasi bebek yang enak dengan segala versi sambal. Yang cukup terkenal adalah nasi bebek tugu pahlawan, nasi bebek 75 ngagel, nasi bebek palupi di rungkut, dan nasi bebek perak yang kebetulan saya belum pernah nyobain karena jauh, serta yang lagi heboh, nasi bebek sinjay, tapi ini harus nyebrang dulu ke madura. 
Saya lebih suka nasi bebek di lompongan pln embong wungu serta yang nyempil di bendul merisi dan nasi bebek palupi tapi yang bukan palupi asli, hehehehe. Tapi ingat....makan nasi bebek gak boleh sering-sering ya...kolesterol tinggi.



Last but not least, makanan favorite adalah penyetan. Penyetan itu simple, pilihan lauknya tahu, tempe, terong, telor dadar, iwak pe (ikan pari panggangan), ayam, empal, bakwan bahkan iga yang sebelumnya sudah digoreng, lalu dipenyet diatas sambal. Di surabaya juga banyak sekali nih yang jual penyetan atau sego sambel. Yang paling rame ya sego sambel mak yeye yang baru buka jam 11 malam, yang paling rame lho ya...bukan yang paling enak, hehehehe. Jangan coba-coba ke sego sambel makyeye kalau gak sama orang yang sudah biasa ke sana, karena antrinya bookkk. Penjualnya cenderung lebih mendahulukan orang-orang yang dia kenal yang otomatis sering ke sana. 
Kalau gak mau yang kaki lima, ada resto Bu Kris atau Leko yang spesialis iga.



Banyak juga ya makanan yang jadi favorit, no wonder tampilan saya seperti sekarang ini :P. 
Selanjutnya mari kita ngobrolin makanan yang saya tidak terlalu suka.
Saya tidak terlalu suka dengan makanan khas jawa timur seperti rujak cingur, lontong balap, tahu tek, tahu campur dan lain-lain, mungkin karena tidak terlalu suka petis. Bukan berarti gak pernah makan ya, tapi makan makanan itu hanya saat benar-benar kepengen. 
Saya juga tidak terlalu suka dengan masakan dengan bahan dasar daging kambing yang berkuah, seperti gule, tongseng atau tengkleng, kalau sate kambing masih mau nyobain.

Meski saya doyan makan, ada beberapa makanan yang belum pernah saya coba, seperti pete, jengkol dan lontong kupang yang justru jadi makanan favorit suami saya.

Nah, selesai ceritanya....sekarang saya mo mikirin weekend ini pengen jajan apa. 
Sampai jumpa di #ngeblogramerame minggu depan.


*foto diambil dari google

5 comments:

  1. rynceeee... rujak cingur is yummyy.... :p

    ReplyDelete
  2. iya...tp makannya nunggu kepengen...hehehhe

    ReplyDelete
  3. idihhh krispy kreammm....jd kangen Jakarta....

    ReplyDelete
    Replies
    1. duluuu udah pernah mo buka di galaxy mall sebelahnya starbak...lha kok malah jadi ANZ... *untung pas ke jkt udah pernah nyobain :p eh tp enak donatnya mall ambassador yg paling atas sendiri tuh...

      Delete
  4. aku lupa nambahin di blogku ttg pete.. saya sukaaaa... terutama kalo udh dicampur teri sambel. nyamiiiii... *ngelapences

    ReplyDelete

what do you think?