Friday, May 04, 2012

Nostalgia SMA....

Untuk #ngeblogramerame edisi ke 8 dipilih tema "masa-masa sekolah". Saya ingin bercerita tentang masa-masa SMA saya yaitu tahun 1993 - 1996. Kenapa hanya masa SMA saja? Seperti kata banyak orang, masa SMA adalah masa yang indah...hehehehe...lagipula kalau cerita tentang masa-masa SMP sudah terlalu lama, apalagi masa SD maupun TK. Apalagi dulu ada lagu dari Paramitha Rusadi....nostalgia SMA kita...indah lucu banyak ceritaaa...masa-masa remaja ceria...masa paling indaaahhh....nostalgia SMA kita...tak kan hilang begitu sajaaa.....

SMAku terletak di tengah kota Surabaya, cukup jauh dari rumah yang letaknya di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo, kurang lebihnya 20km. Meski jauh, sejak SMP, kalau melewati SMA itu, pasti nyeletuk "pokoknya aku mau sekolah di situ". Alasannya, SMA itu dekat dengan kantor mama, juga dekat ama Mall, Tunjungan Plaza dan Delta Plaza (Plaza Surabaya)...heheheh.

Masa-masa orientasi sekolah cukup seru, dimana ada sesi minta tanda tangan kakak2 OSIS, kita harus mencari tahu nama masing2 lalu minta tanda tangan. Ada kejadian lucu yang dialami teman sebangku saya, dia menulis salah seorang kakak OSIS dengan nama misalnya suharjo, padahal nama kakak OSIS itu namanya suhario, alhasil kakak OSIS itu ngamuk-ngamuk. Di hari terakhir orientasi, ada api unggun di tengah halaman sekolah, masing-masing kelas wajib menampilkan suatu show, kelasku memilih nyanyi bersama, lagu yang dipilih "Love is on the way" - nya Saigon Kick diiringi gitar, kami menyanyi dengan lambaian nyala lilin.

Naik ke kelas dua, mulailah penjurusan, A1, A2 atau A3, waktu itu memang tahun ajaran terakhir yang menggunakan sistem A1 (fisika), A2 (biologi) dan A3 (sosial). Aku masuk ke A2, begitu juga teman sebangkuku, sayangnya kami harus berbeda kelas, dia di A2-2, aku di A2-3. Ternyata ada teman sekelas kami di kelas 1 juga terpisah dengan teman sebangkunya, yang satu di A2-2, yang lain di A2-3. Akhirnya kami mengusulkan pada guru BP untuk tukar kelas supaya tetap berkumpul dengan teman sebangku, ternyata boleh.....senangnya....jadi saya akhirnya masuk di kelas A2-2.

Di kelas A2-2 inilah yang membuat masa SMA tak akan terlupakan. Sampai naik ke kelas 3, kelas kami dicap sebagai kelas paling nakal oleh sebagian guru. Apa aja sih kejadian hebohnya? Aku ceritakan secara random ya, karena aku sendiri ragu kejadiannya waktu kelas 2 atau 3.

Waktu kantin yang letaknya di belakang sekolah direnovasi, kantin sementara dipindah ke gang kecil sebelah kelas, jadi kalau kita mau jajan, bisa langsung lewat jendela samping aja. Jajannya gak hanya waktu istirahat aja lho, waktu pelajaran masih berlangsung, kita juga jajan. Kejadian waktu pelajaran fisika, pak gurunya agak membingungkan kalau merangkan rumus-rumusnya, jadi kami semua clueless ama fisika. Kalau Pak Guru sedang menghadap ke papan tulis, kita makan gorengan....hihihihihihi.

Pernah waktu pelajaran kimia, kita sekelas kabur, waktu itu ada rapat guru juga, dan guru kimia gak datang-datang, akhirnya sedikit demi sedikit kami keluar kelas dan keluar sekolah....wkakakakaka....ini sekolah negeri yang lumayan top di surabaya lho...tapi kok ada acara kabur dari pelajaran....

Kebetulan sekolah bersebelahan dengan Gedung Grahadi, rumah dinas Gubernur Jawa Timur. Tiap upacara 17 agustus, jalan raya yang melewati grahadi ditutup. Upacara 17an baru dimulai jam 10, sementara kami di sekolah, upacara tetap jam 7, begitu upacara selesai, kita nongkrong di tengah jalan, efek penutupan jalan. Jadi duduk berkelompok-kelompok di tengah jalan besar, salah satu jalan utama Surabaya...keren kan?

Di awal tadi aku sudah cerita kalau sekolah dekat dengan mall, tapi waktu itu siswa yang masih memakai seragam gak boleh masuk. Kalau di Tunjungan Plaza (TP), di pintu depan pasti sudah dilarang masuk, makanya kami gak pernah ke sana. Kalau di Delta Plaza, biasanya kami masuk melalui McDonalds. Kalau ngeliat satpam, langsung ngumpet.

Selain jalan ke mall, kadang-kadang kamipun main di salah satu rumah teman sekelas, rombongan gitu, kadang cuma sekedar ngobrol dan bercanda, tapi seingatku, pernah juga sambil nonton film yang agak syur....hihihiihihi....

Yang paling seru dan belum pernah dilakukan kelas lain, kami memberi birthday surprise untuk wali kelas. Persiapan dilakukan, mulai dari kue tart, convetti, serta alasan yang digunakan buat memanggil pak wali. Sepulang sekolah, kami meminta pak wali datang ke kelas untuk membicarakan wisata bersama untuk perpisahan kelas 3. Datanglah si bapak wali, begitu masuk kelas, langsung ditebarkan convetti dan kami pun bernyanyi lagu ulang tahun. Pak Wali sangat terharu atas kejutan ulang tahun yang diterima. 

Masa - masa sekolah memang menyenangkan ya....Masa - masa di mana kita mencari jati diri kita sebagai bekal untuk masa dewasa. Masa - masa itu akan selalu terkenang dan lebih indah lagi apabila tali silaturahmi tetap terjaga sampai kapanpun. 
Alhamdulillah silaturahmi dengan teman-teman SMA masih terjaga, meski tidak semuanya. Di sini peran social media sungguh besar. Selain berinteraksi melalui social media, sesekali kamipun bertemu dan berkumpul kembali melepas rindu.






6 comments:

  1. Delta - McD tempat nongkrong andalan saat itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuullll....n dulu menunya lebih asik....ada apple pie. tp kalo mo nongkrong, kudu gk jajan beberapa hari...uang saku ngepas...

      Delete
  2. aihhhh sampe sekarang Delta is my fave one... :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu kan capekan kalo jalan lama...hahahhahaa....

      Delete
  3. apakah sampai sekarang klo seragaman nga boleh masuk TP mba?:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa kali ngeliat pake seragam, tp mungkin juga karena mereka dari parkiran mobil, gk ngelewatin satpam.

      Delete

what do you think?