Tuesday, September 29, 2009

Persiapan Umroh Ramadhan 2009

Ajakan mama untuk umroh Ramadhan baru tercetus sekitar bulan juli, padahal Ramadhan datang di pertengahan Agustus. Kebayang waktu yang mepet untuk mempersiapkan semua, mulai dari paspor dan mencari biro travel yang pas serta ijin. Agak gak yakin juga apa bakal dapet ijin dari kantor. Akhirnya memberanikan diri nanya ke mbak Irma. Alhamdulillah punya atasan yang baik (tp gk kerasa seperti atasan sih, karena mbak Irma dan mbak2 yang lain udah seperti kakak sendiri, jd enak ngomongnya). Info yang diterima mbak Ir, untuk umroh, silahkan pake sisa cuti, kalo kurang, ijin. Alhamdulillah, cutiku masih sisa 9 hari.

Setelah lama milih2 paket umroh, diputuskan untuk ikut yg 13 hari, tgl 15 - 27 September 2009. Jadi puasa 5 - 6 hari di sana (sblm tau kalo lebaran tgl 20) trus lebaran di sana juga.

Alhamdulillah rasanya lancar2 aja, mulai dari ngurus paspor, kami ke kantor imigrasi saat aku libur (akhir juli), ternyata butuh waktu 2 hari, kok ya pas liburku juga 2 hari. Hari pertama ngisi2 formulir, lalu hari kedua, pembayaran, interview dan foto. Paspor jadi 3 hari kemudian. Waktu di kantor imigrasi kami bertemu dengan pasangan suami istri, nanya2..."mo umroh ya bu? pake travel A aja" lha kok ternyata pake travel yang sama seperti yang kami pilih. Ngobrol2 ternyata mereka sodaranya yg punya travel.
si ibu : "nanti tak mintakan diskon bu, aku bilang aja kalo sodaraku"
mama sih iya iya aja tanpa berharap.

Selanjutnya...suntik meningitis, harinya tentu saja bersamaan dengan hari liburku. Lokasi di daerah juanda. Lalu ke kantor travel, beberapa hari setelah suntik, lagi2 ngepasin ama libur.
Selama proses itu, mama beberapa kali telpun2an ama ibu yang ketemu di kantor imigrasi, Bu Nia.
Waktu proses pembayaran, mbak travelnya nanya, "ibu sodaranya bu Nia yaaaa"
mama: "iya....Bu Nia dapet diskon ya mbak, aku juga didiskon lho ya"
mbak travel : "tapi gak sebanyak diskonnya Bu Nia ya"
mama: "lho nakalan.....ya sama dong....
hihihi.....akhirnya dapet diskon juga, masing2 $50, lumayan kannnnn. Kurs waktu itu, $ 1 = Rp. 10ribu sekian.

Dikarenakan berangkat umrohnya dari jakarta, kami harus nyari tiket lagi ke jakarta, diluar biaya umroh. Bisa juga lewat travelnya, tp waktu itu langsung search tiket via internet (awal agustus), ternyata masih dapet harga yang lebih murah dari yang ditawarkan oleh travel, langsung booking deh, lagipula mama pengennya nginep dulu sehari di jakarta, di rumah bude, sekalian pamit. Begitu juga waktu pulang, setelah sampai jakarta, nginep dulu sehari, baru pulang ke surabaya.

Sekitar akhir Agustus, ada manasik umroh, kebetulan hari itu aku libur. Manasik dilakukan bersamaan untuk paket yang berangkat tanggal 8 dan 12 September. Perkenalan dengan Mutowif yang menemani selama di sana dan penjelasan umroh.

O iya....ada ide juga, boleh gak ya kalo cutinya digabung2kan sama jatah libur bulan September, jadi siapa tau gak butuh ijin lagi. Jadi aku ngomong ke Pipit. Sama Pipit dibuatin draft jadwal September baru aku nanya mb Nugie. Trus Mb Nugie nanya Mb Irma. Alhamdulillah diijinkan.
Tapi dikarenakan ada perubahan manajemen mulai september, ijin umrohnya agak2 bermasalah. Awalnya pihak PT.P bilang kalo selama aku umroh, kontrakku di freeze tp akhirnya keputusannya gak di freeze karena jatah cutinya ternyata mencukupi dan sisanya tertutup sama libur. Waktu itu sih apapun keputusannya aku pasrah aja, yang penting bisa berangkat karena semuanya sudah siap.

No comments:

Post a Comment

what do you think?